The Power Of Lighting


The power of lighting.

By Rensis Wenas

Lighting Designer from Lumens.

 

Lumens akan mengajak para pembaca untuk mengenal lebih lagi megenai fungsi lighting yang akan dibutuhkan dalam sebuah acara pernikahan. Kita sering mengenal kata ambiance atau atmosphere lighting dalam sebuah event. Kata tersebut sangatlah luas dalam pengaplikasiannya. Definisi Pencahayaan ambiance adalah penerangan umum yang datang dari segala arah diruang yang tidak terlihat langsung arah datang sinar tersebut. Jenis ini berbeda dengan pencahayaan yang terarah.

 

Untuk membuat ambiance yang sempurna memang tidak hanya dibangun oleh lighting saja. Its not just the lighting… its not just the sound… its not just the venue or decoration.. when we skillfully combine them, its ambiance. Lighting memegang peranan yang sangat penting untuk pembuatan ambiance, karena dengan cahaya yang tepat, maka detail dari sebuah object akan terlihat dengan jelas.

 

FOYER.

Dalam edisi ini saya akan menjelaskan detail penggunaan lighting pada sebuah acara perkawinan. Mulai dari para undangan tiba di dalam venue acara, kita sudah dapat membuat mereka terkagum melihat keindahan decorasi dan warna yang di tampilkan. Penerangan yang kita akan focuskan di sebuah foyer biasanya akan lebih tertitik berat pada object yang berada disana. Seperti foto yang di gantung dan di tampilkan sehingga para undangan dapat menikmati keindahan dari foto tersebut. Berikutnya kita akan membuat suasana yang mengangkat unsur dekorasi yang ada. Bila dekorasi tersebut menggunakan tema tertentu, maka pemilihan warna dan jenis lampu yang digunakan akan berbeda-beda mengikuti tema. Misalkan tema yang akan diambil dari foyer adalah garden, maka kita harus mengerti pemakaian warna yang baik untuk mengeluarkan dimensi dari taman yang dibuat. Warna bunga harus seperti warna aslinya. Beberapa penyedia barang, tidak memikirkan akan hal tersebut. Sehingga mengakibatkan berubahnya warna atau keaslian dari taman tersebut. Bayangkan bila bunga berwarna putih harus bertemu dengan sinar yang berwarna biru, pink atau ungu, maka warna keaslian dari bunga tersebut akan berubah. Lain halnya dengan tema yang mengakat unsur warna sebagai dasarnya. Maka kita bisa bekerjasama dengan décor dalam pemilihan materi dekorasi tersebut untuk hendaknya menggunakan warna yang lebih netral sehingga dengan lebih mudah warna yang dinginkan dapat terwujud dengan indah.

 

BRIDAL STAGE.

Banyak orang yang tidak mengerti BASIC penataan lampu untuk kebutuhan bridal stage. Untuk setiap bridal stage kita harus menempatkan lampu tepat didepan bridal stage tersebut yang biasa kita gunakan dengan kata keylight. Keylight biasanya ditempatkan diatas tegak langsung dengan posisi pelamianan. Dalam dunia lighting kita menggunakan lampu FRESNEL. Karakter lampu ini adalah terang pada pusat cahaya dan bertahap menghilang kearah tepi atau kita sebut SOFT EDGE. Dengan menggunakan jenis lampu ini maka object akan mendapatkan jarak, mengeluarkan detail dari emotional dan natural color. Sehingga siapapun yang ada tepat di jangkauan sinar tersebut akan terlihat lebih jelas, seperti warna kulit, gaun pengantin, sampai backdrop dari pelaminan akan terlihat lebih jelas.

 

VIP AREA

Beberapa lighting designer akan memikirkan dengan detail area ini. Beberapa client memiliki keinginan yang  berbeda-beda. Ada yang menginginkan mengekspose tamu VIP mereka, da nada juga yang malah menginginkan sebaliknya. Jadi pada tahap awal kita akan mencari tau terlebih dahulu keinginan dari pihak client. Untuk area ini ada beberapa treatment yang bisa dilakukan, mulai dengan memberikan ambiance warna saja sampai membuat special spot di atas meja VIP tersebut secara individual. Suasana yang baik di area ini adalah dimana mereka dapat duduk ataupun berbincang dengan teman atau keluarga dekat tanpa terasa terekspose dari tamu-tamu yang lain yang berada di dalam ballroom atau venue yang sama. Apapun yang lampu dapat buat diarea ini hanya untuk kepentingan kenyamanan dan ambiance yang baik untuk semua tamu yang di specialkan diacara pada hari itu.

 

MAINROOM

Area mainroom adalah area yang paling luas dari sebuah acara baik di indoor ataupun outdoor event. Kalau event itu terjadi di sebuah hotel, maka kita menyebutnya dengan ballroom area. Pembuatan ambiance pada area ini memang tidaklah semudah yang kita bisa bayangkan. Karena hampir setiap tamu yang dating akan segera mengisi area ini. Bayangkan sebuah decorasi yang megah, indah dan bertema akan hilang begitu saja dari pandangan para tamu apabila kita tidak mebuat suasana yang tepat untuk itu. Banyak orang tidak mengerti akan fungsi lighting, mereka hanya menginginkan semua area terang, atau warna, mereka tidak pernah memikirkan bagian yang perlu di ekspose atau bagian yang tidak perlu terlalu terekspose dengan lighting. Begitu juga kita bisa menggabungkan beberapa warna untuk membangun ambiance yang indah dalam sebuah acara. Diarea ini banyak hal yang terjadi yang berkaitan dengan susunan acara. Misalnya: prosesi pangantin saat memasuki ruangan pernikahan. Dalam bagian ini, lighting berperan penting untuk membangun suasana. Lampu ambiance lain akan kita redupkan dan hanya menerangi jalur prosesi saja. Mengapa demikian? Tujuannya adalah untuk menarik semua perhatian tamu dan undangan yang ada dapat tertuju kepada acara prosesi tersebut. Begitu juga bila terdapat acara lainnya yang perlu perhatian khusus dalam penciptaan suasana. Seperti wedding kiss, cutting cake, first dance, dll.

 

DANCE FLOOR

First dance dibeberapa acara pernikahan menjadi perhatian dan keinginan penting. Ada yang first dance untuk menghormati dan menjadi bentuk rasa terima kasih terhadap orang tua. Bila salah dalam pencahayaan dan salah memposisikan cahaya, maka hilanglah momentum penting dari acara tersebut. Bisa juga berupa kejutan yang diberikan oleh teman-teman dekat berupa dance, flashmob, ataupun solo permorming. Untuk itu, kami akan membantu memposisikan area yang dapat di pergunakan dan membuat dokumentasi dapat mengambil moment tersebut dengan sangat baik. Moment tersebut tidak akan terulang lagi dan dokumentasi tidak akan dapat menceritakan kembali apabila gambar yang diambil tidak dapat menceritakan moment indah tersebut. Jenis lampu yang digunakan akan berbeda-beda dengan kepentingan dan cerita dibalik acara itu.

 

AFTER PARTY

Ini adalah bagian yang sering ditunggu oleh pasangan pengantin untuk dapat bersenang-senang dengan teman baiknya untuk merayakan hari istimewa itu. Banyak kejadian yang dapat tercipta dengan suasana di area after party ini. Music mulai terdengar lebih keras dan DJ mulai memainkan lagu-lagu yang membuat pengantin dan teman-temannya dapat merayakan bersama-sama. Di area ini ambiance diciptakan dengan music dan lighting. Lighting akan membawa suasana yang berbeda dari venue tersebut. pergerakan cahaya akan mengikuti beat dan rhythm yang diciptakan dari sumber suara. Bila sumber suara dengan tempo yang cepat, maka begitu juga permainan lampu yang akan ditampilkan.  Sehingga kita membawa tamu yang menghadiri bagian acara ini merasakan suasana yang berbeda dari beberapa menit atau jam yang lalu seperti diarea resepsi.

 

Pencahayaan akan selalu memegang peranan penting dalam sebuah acara baik dalam sekala besar ataupun kecil dalam menciptakan suasana. LUMENS akan membantu menciptakan semua keinginan dari awal konsep dan merealisaikan pada acara hari penting tersebut. Enjoy your wedding preparation, let us help you make your dream wedding come true.